Kamis, April 26, 2012


Penggunaan symbol penampilan visual aliran PUNK sebagai bentuk ekspresi keberpihakan terhadap kaum pinggiran…



Potongan rambut Mohawk dengan warna-warna terang
Adalah cermin dari keberpihakan mereka terhadap suku Indian yang dibantai orang kulit putih di Amerika. Rambut Mohawk yang tegak juga sering diartikan sebagai antipenindasan sekaligus kebebasan. Gaya rambut ini terinsipari dari film Drums Along the Mohawk tahun 1963. Dalam film itu diceritakan tentang suku indian Mohican di lembah Mohawk. Gaya inilah yang kemudian diadaptasi anak punk era 1990-an.

Spike dan kulit
Adalah symbol pengikat tangan terpidana pada kursi listrik yang digunakan untuk mengeksekusi para aktivis yang di tangkap.

Sepatu Boot
Adalah symbol arogan militer yang harus dilawan.

Celana jeans ketat dan baju lusuh
Adalah symbol nasib kaum minoritas yang selalu terjepit.. Awalnya punkers–sebutan anak punk–menggunakan celana kulit karena awet dan tahan lama. Model ketat menyimbolkan himpitan hidup. Karena itu punkers biasanya merobek celana bagian paha dan lutut sebagai simbol kemerdekaan gerak dan ide.

Rantai
Aksesori ini sebagai symbol solidaritas. Kelompok punk yang terusir dari masyarakat dianggap sampah, dinilai menyimpang, membuat punkers membentuk kelompok baru untuk berlindung. Solidaritas kelompok ini sangat penting untuk bertahan hidup.

Tattoo dan Tindik
Anak punk biasanya menato tubuhnya dengan gambar tengkorak, salib terbalik, swastika Nazi, atau api. Tato ini menunjukkan identitas kelompok dan menjadi simbol penguasaan penuh terhadap tubuhnya. Seperti tato, tindik juga menyimbolkan kekuasaan terhadap tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar